DID YOU KNOW [5TH] : Prosopagnosia

pros

Berkenalan dengan orang baru, hang out dengan sahabat lama maupun temu kangen keluarga merupakan hal yang lumrah dan mudah bagi kita. Kemampuan visual yang baik dan memori otak kita bisa mengingat dan mengenal sehingga untuk berinteraksi dengan orang sekitar kita bukan merupakan hal yang sulit. Namun, bayangkan jika anugerah itu diambil sehingga kamu susah untuk mengenali orang2 di sekitarmu bahkan dirimu sendiri?
Tahukah kamu, ternyata ada sebuah penyakit namanya Prosopagnosia yaitu kelemahan untuk mengidentifikasi wajah seseorang. Jangankan untuk kenal orang baru, sosok familiar sekalipun seperti keluarga, sahabat, bahkan dirinya sendiri tak mampu dikenalinya.
Kok bisa ya?
Ternyata terjadi masalah dalam proses pengenalan wajah yang berdasarkan sebabnya, Prosopagnosia ini terbagi menjadi dua, yaitu acquired dan development prosopagnosia. Pada Acquired prosopagnosia terjadinya penurunan kemampuan untuk mengenali wajah adalah hasil dari kerusakan pada bagian fusiform area di otak yang ternyata bisa disebabkan juga akibat beberapa patologi seperti trauma, stroke, encephalitis, tumor, dan atrofi degeneratif. Sedangkan pada developmental prosopagnosia ini terjadi kegagalan dalam proses kemampuan mengenali wajah yang bukan disebabkan oleh adanya lesi pada otak, melainkan diduga mempunyai keterkaitan dengan genetik.

Apa saja dampak bagi penderitanya?
Pada orang dewasa, dapat menyebabkan pengalaman sosial yang traumatik, kecemasan yang kronik, perasaan malu dan bersalah, serta masalah lingkaran sosial. Terlebih pada anak-anak bisa berimplikasi ke lingkungan sekolah dan keamanan si anak.

Mau tahu lebih lanjut mengenai prosopagnosia? Kuyy cek link berikut ini : https://www.dovepress.com/prosopagnosia-current-perspectives-peer-reviewed-fulltext-article-EB
Prosopagnosia : Current Perspective. Eye and Brain. 2016.
Author(s) : Sherryse L Corrow,  Kirsten A Dalrymple, and Jason JS Barton

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *