DID YOU KNOW [2ND] : Soft Contact Lens dengan Acanthamoeba Keratitis!

3

Soft Contact lens di zaman sekarang ini memang sudah banyak peminatnya. Tapi tahukah kamu bahwa diperlukan ketekunan untuk membersihkan contact lens kamu secara rutin agar dapat terhindar dari penyakit Acanthamoeba keratitis.
Apa itu penyakit Acanthamoeba keratitis?
Penyakit Acanthamoeba keratitis terjadi akibat infeksi yang disebabkan oleh parasit Acanthamoeba yang masuk ke kornea mata penderita. Hal ini bisa disebabkan karena penggunaan contact lens yang ditidak bersih sehingga parasit Acanthamoeba yang biasanya ada di tanah ataupun air yang terkontaminasi dapat menginvasi ke lapisan kornea mata kita.

Apa efeknya kalo parasit ini masuk ke mata?
Mata kita akan terasa nyeri, berair, photophobia, defek epitelial, edema pelupuk mata, bahkan matanya bisa menjadi buta.

Wah, kenapa bisa?
Parasit Acanthamoeba ini akan melekat ke soft lens yang tidak dibersihkan secara rutin, selanjutnya akan menginfeksi di mata. Jika Acanthamoebanya sudah masuk terlalu jauh ke lapisan stroma kornea mata maka bisa menyebabkan kerusakan parah sehingga sangat susah untuk diterapi. Apabila tidak diterapi secara komprehensif maka akan menyebabkan kebutaan yang permanen.

Link akses : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4330640/
An Update on Acanthamoeba Keratitis : diagnosis, pathogenesis, and treatment. Parasite 2015, 22, 10
Author(s) : Jacob Lorenzo-Morales, Naveed A. Khan, and Julia Walochnick

#ReasearchIsFun

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *